Selamat Datang & Terima Kasih Sudah Berkunjung

Membuat Skala Menggunakan Processing



Pada postingan saya sebelumnya sudah membahas mengenai cara membuat transisi . Pada kesempatan ini, mari kita lanjutkan belajar membuat skala menggunakan processing. Untuk skala, dalam hal ini mengubah ukuran grid sehingga objek berubah ukurannya juga. Mari kita pelajari bersama.

Masukan kode listing berikut :

void setup()
{
size(200,200);
background(255);
stroke(128);
rect(20, 20, 40, 40);
}

Save dan jalankan (run), maka akan terlihat seperti gambar berikut :


Untuk mengubah skala pada grid, maka tambahkan kode listing :

stroke(0);
pushMatrix();
scale(2.0);
rect(20, 20, 40, 40);
popMatrix();

Sehingga kode listing keseluruhan menjadi :

void setup()
{
size(200,200);
background(255);
stroke(128);
rect(20, 20, 40, 40);
stroke(0);
pushMatrix();
scale(2.0);
rect(20, 20, 40, 40);
popMatrix();
}

Save dan jalankan (run), maka akan terlihat seperti gambar berikut :


Sebenarnya sobat pasti melihat persegi tersebut berpindah, padahal tidak sama sekali. Karena sudut kiri masih (20, 20). Kemudian sobat pasti melihat ada perbedaan ketebalan garis persegi, hal ini karena sistem koordinat sudah ditingkatkan dua kali lipat skalanya.

Selesai sudah pembahasan mengenai Transisi dan Skala, sekarang kita akan mempelajari tentang Rotasi pada postingan berikutnya. Terima kasih ! :D





0 komentar:

Posting Komentar

Tolong Kasih Makan Ya!